Rangsangan seksual pada pria dan wanita

Rangsangan seksual pada pria pada umumnya lebih mudah berkobar daripada wanita. Jadi, dalam hal ini nafsu seksual pria dapat timbul secara aktif dan spontan. Sebaliknya nafsu seksual pada wanita lebih pasif.

Pada pria bagian tubuh yang lebih mudah menimbulkan rangsangan ialah pada alat kelaminnya sedangkan pada wanita bagian tubuh yang menimbulkan rangsangan tidak berpusat pada alat kelaminnya, tetapi hampir meliputiseluruh tubuhnya. Oleh karena itu sasarannya lebih banyak untuk membangkitkan nafsu birahinya.

Meskipun hanya meliputi pandangan mata, tanpa sentuhan seksual seorang pria dapat terangsang sedangkan pada wanita bujuk rayu dari seorang pria atau pasangannya lebih mudah menimbulkan rangsangan.

Jika seorang wanita telah menjalin asmara dengan seorang pria, wanita tersebut tidak akan mudah melupakan cintanya kepada pasangannya, karena perasaan seksualnya meliputi seluruh jiwa dan raga yangselalu hidup dalam alam pikirannya sedangkan seorang pria dengan mudah dapat melupakan kebutuhan seks atau cintanya kepada kekasihnya. Ketika sedang sibuk dengan pekerjaannya, seorang pria mungkin akan melupakan kebutuhan seksualnya yang memang bersifat sementara.

Perbedaan yang sangat menonjol antara aktivitas seksual pria dan wanita adalah kaum pada kaum pria kenikmatan seksual lebih penting sedangkan pada wanita fungsi reproduksi lebih penting daripada fungsi kenikmatan. Seperti telah diketahui, pria menghayati kenikmatan seksual dan fungsi reproduksi dengan penis, sedamgkan pada wanita yang belum pernah melakukan hubungan seksual dengan pria, bagian tubuh yang peka adalah klitoris. Untuk memperoleh kenikmatan seksual, mereka melakukan masturbasi dengan memain-mainkan klitoris atau daerah sekitarnya. Dari daerah inilah kemudian menjalar rangsangan seksual ke dalam mulut vagina. Pada wanita yang sudah pernah melakukan hubungan seksual dengan pria, vagina merupakan pusat penghayatan kenikmatan seksual, dan klitoris menjadi peghayatan kenikmatan seksual sekunder. Jadi jika wanita telah melakukan